Minggu, 16 Mei 2010

tugas RA ai endang 3 EB08

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas sikap konsumen, menguji hubungan antar variabel, dan untuk menganalisis pengaruh kualitas barang dan layanan konsumen terhadap nilai produk.

Sumber data adalah kuesioner.Data primer yang digunakan dalam penelitian ini jenisnya adalah data kualitatif. Subjek penelitian adalah konsumen yang berbelanja di hypermarket. Dalam penelitian ini responden terbagi manjadi dua kelompok yaitu pria dan wanita. Untuk pekerjaan kelompok pria umumnya berprofesi sebagai karyawan, sedangkan kelompok wanita berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan karyawan. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 160 responden. Tetapi karena ada 50 kuesioner yang tidak di kembalikan sehingga jumlah sampel menjadi 110 responden, atau 68,75% dari target yang ditentukan. Metode pengujian data dengan Uji Reliabilitas, Uji Validitas, Uji Korelasi dan Uji Regresi. Aplikasi statistik yag digunakan adalah SPSS versi 12.0.

Hasil dari penelitian menunjukan kualitas barang dan layanan konsumen mempengaruhi nilai produk. Dengan demikian dapat diketahui jika kualitas barang meningkat maka nilai produk juga akan meningkat dan sebaliknya, jika layanan konsumen meningkat maka nilai produk juga akan meningkat.




Kata kunci : kualitas barang layanan konsumen,nilai produk, hypermarket
























RESUME

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka penulis menarik beberapa kesimpulan antara lain :
1. Dari pengujian validitas dan reliabilitas variabel diatas dapat diketahui bahwa nilai alpha lebih besar dari nilai kritis r product moment, sehingga semua variabel indikator dikatakan reliable. Dengan hasil reliabilitas cronbach’s alpha sebesar 0,7667 yang berarti nilai alpha reliable.
2. Dalam uji korelasi dapat diketahui bahwa ketiga variabel tersebut saling berhubungan dan memiliki keeratan. Semua hubungan itu signifikan, dimana diperoleh Korelasi nilai produk dengan kualitas barang sebesar 0,390, Korelasi nilai produk dengan layanan konsumen sebesar 0,260, sedangkan Korelasi kualitas barang dengan layanan konsumen sebesar 0,583.
3. Model yang terbentuk dari uji Regresi yaitu variabel Layanan konsumen dan variabel Kualitas barang ternyata mampu memengaruhi Nilai produk. Secara bersama-sama sebesar 15.4%. Sedangkan secara parsial pengaruh kualitas barang sebesar 36.1% lebih besar dari layanan konsumen. Dengan demikian H1 dan H2 diterima.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com